Download Slip Gaji Otomatis Menggunakan Excel


Aplikasi Excel untuk Otomatisasi Pembuatan Slip Gaji

Membuat slip gaji untuk para karyawan, apalagi dalam jumlah yang besar, bisa sangat rawan kesalahan. Apalagi gaji adalah hal yang sensitif, salah dalam menghitung gaji, potongan, dal lainnya, bisa membuat karyawan marah. Karenanya penggunaan ms excel dalam membuat slip gaji harus maksimal. Kali ini kita akan menggunakan nama tabel dan rumus vlookup untuk membuat slip gaji otomatis. Sehingga anda cukup konsentrasi dalam mengupdate daftar gaji. Slipnya otomatis jadi.

Silahkan dibuka excelnya dan buat tabel daftar gaji karyawan. Kita akan buat 2 buah sheet, yang pertama sheet gaji dan yang kedua sheet slip. Buat worksheet gaji. Double klik sheet1 dan ganti namanya menjadi gaji. Contohnya seperti ini, ada 14 kolom yang terdiri dari No,Nama,Bagian,Jabatan,Gaji Pokok,Tunjangan Jabatan,Tunjangan Transport,Tunjangan Makan,Gaji Kotor,Pinjaman kantor,BPJS,Pinjaman Lain,Total Potongan, dan Gaji Bersih.

Kolom gaji kotor dan total potongan diberikan rumus sum, seperti dibawah ini

Kemudian buat nama tabel, caranya dengan memblok range A6:N14, lalu ke pojok kiri atas ganti A6 menjadi gaji. Berikut agar lebih jelas

Didalam excel, nama tabel digunakan untuk dijadikan acuan dalam mengambil data yang ada di dalam tabel tersebut. Nama-nama tabel yang ada di dalam lembar kerja kita bisa diakses melalui menu formula name Manager. Nama tabel nantinya akan digunakan pada saat menggunakan fungsi vlookup. Berikan namanya Gaji.

Kemudian berikan rumus vlookup di cell D7 sampai dengan D19, seperti berikut:

 

 

 

 

 

 

Untuk slip lainnya tinggal modifikasi sedikit dan copikan ke cell di bawahnya. Untuk lebih jelasnya, berikut videonya

Download file Otomatisasi Gaji Menggunakan excel disini