Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tips Membuat Bahan Pengajaran Efektif untuk Elearning

Tips Membuat Bahan Pengajaran Efektif untuk Elearning

Sejak Mewabahnya COVID-19 di awal tahun 2020 di Indonesia banyak hal berubah termasuk dunia pendidikan, yang awalnya kuliah tatap muka akhirnya 100% menjadi menggunkan moda daring eleraning, akan tetapi masih sering ada beberapa kendala terutama penggunaan quata yang boros. berikut ini ada beberap tip membuta materi online learning yang efektif.

1. Menulis Esai

Dosen indonesia memang tidak familiar menulis terutma menulis esai atau artikel hal ini terlihat tidak banyak dosen yang memiliki blog pribadi berisikan bidang ilmu yang sedang di jalani yang bisa di jadikan sumber pembelajaran. Artikel tematik bisa dapat bermanfaan dan memudahkan mahasiswa dalam memahami materi yang sedang di ajarkan, bahkan dalam artikel tersebut bisa di embeded video dari materi presentasi ahli lainnya sehingga dinamis dan variatif. jika tidak memilik blog pribadi para dosen bisa memanfaatkan portal sosial Edukasi seperti akuntansi.or.id yang bersifat gratis untuk membuat akun dan memposting artikel pembelajaran.

Berikut beberapa contoh artikel edukasi.

Bahkan dalam artikel kita bisa menambahkan link lain yang bisa dikunjungi oleh mahasiswa sebagai pengayangaan.

 

2. Membuat Video Presentasi atau Tutorial

Membuat video Presetansi terkait materi yang di bahas juga menarik ini juga bisa membuta mahasiswa lebih fokus terutama mahasiswa yang lebih suka visual. Materi presentasi bisa memanfaatkan Power poin atau screen Capture.

 

3. Menggunakan Video Call

Menggunakan Video call memang terasa efektif karena bisa langsuang berinteraksi dengan mahasiswa, akan tetapi dengan kondisi internet di indonesia belum lancar ini bisa jadi cost yang tinggi bagi mahasiswa karena 1 jam video cal bisa menghabiskan 2 GB Kuota internet tinggal dikalikan setiap minggu dan jumlah mata kuliah. maka cara ini bisa di pakai ssemisal pada 4 kali pertemuan saja dalam satu semster, sisanya di kombinasikan dengan 2 cara di atas.