Pendidikan

Kombinasi Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Kombinasi Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan

Linearitas atau kesamaan bidang di setiap jenjang pendidikan memang bagus jika anda ingin menjadi seorang akademisi murni. AKan tetapi memadu padankan kemampuan dari bidang ilmu yang berbeda tentu lebih di butuhkan di Dunia Profesional. Berikut beberapa jurusan yang sangat bagus di kombinasikan jika anda ingin menjadi sesuatu yang luar biasa di dunia profesional.

 

1. S1 Akuntansi dengan S2 Komputer

Anda mungkin telah membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Sertifikasi Profesi yang prospek bagi anak lulusan akuntansi artikel ini membicarakan terkait profesi apa saja bagi lulusan akuntansi. Jika anda lulusan S1 Akuntansi tanpa harus menambah gelar akademik apupun sudah pasti bisa mengejar jenjang sertifikasi profesi tersebut jadi tidak perlu anda melanjutkan ke jenjang S2 Akuntansi atau Manajemen jika anda tidak berniat ingin menjadi dosen, sebaiknya anda ambil S2 Ilmu Komputer jika anda ingin menejadi seorang konsultan yang berbeda.

Logikanya Tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan akuntansi begitu juga tidak ada perusahaan yang tidak tergantung kepada mekanisme IT. Jika anda memimiliki kedua ilmu tersebut tentulah anda orang yang sangat di butuh perusahaan untuk memberikan solusi. S2 Komputer tidak mengharuskan anda bisa melakukan pengcodingan yang di butuhkan adalah anlisis anda terhadap permsalahan IT sehingga anda bisa berkolaborasi dengan S1 Ilmu Komputer yang jago dalam coding untuk menyelesaikan permsalahan.

Bangkan ada mampu membangun ERP dimana muara akhirnya adalah pelaporan Keuangan dimana merupakan kemampuan dasar anda pada S1 Akuntansi. Saya sering menemukan S1 Akuntasi Murni Bertemu dengan S1 Komputer Murni untuk menyelesaikan permasalahan dibidang ERP sering terjadi kesalapahaman karena tidak memiliki frekuensi yang sama, maka disini anda bisa menjadi jembatan yang besar untuk mereka berdua dan peluang itu sangat besar di masa depan.

 

2. S1 Hukum dengan S2 Akuntansi

S1 Hukum mempelajari Basic Ilmu Hukum dari S1 hukum bisa melanjutkan menjadi Pengacara. Kemudian Jika anda mengambil S2 Akuntansi maka anda akan memahami laporan keuangan karena di S2 akuntansi kebanyakan pelajaran bukan teknis akuntansi yang di ajarkan akan tetapi analisi akuntansi dan keuangan, cara memahami laporan keuangan dan pola bisnis, maka anda memiliki peluang menjadi konsultan yang handal dimasa depan, dimana kedepan Pengacara bisa menjadi Kuasa Pengadilan Pajak.

Jika anda butuh Teknis jelimet maka anda dapat menghired anak S1 akuntansi yang pinter untuk menyelesaikannya, kemudian anlisa hukum dan analisa keuangan anda bisa melengkapinya. Maka peluang kedepan anda bisa menjadi pengacara perusahaan di bidang keuangan, kepailitan dan perpajakan dimana uangnya juga gak kalah banyak dan lebih enak ketimbang menjadi pengacara perceraian,pembunuhan dan sejenisnya.

 

3. S1 Ilmu Komputer deangan S2 Ilmu Manajemen

S1 Ilmu akuntansi apalagi anda memiliki kemampuan mengkoding kemudian di kombinasikan dengan S2 Ilmu Manajemen maka anda akan bisa membuat Start Up yang handal karena manajemen mengajarkan anda banyak hal bagaimana membesarkan perusahaan, mengelola Sumberdaya Manusia, Mengelolan Pendanaan, Mengelola Komunikasi dan Perilaku Organisasi sebagai modal anda dalam membuat perusahaan.

Jadi sudah tau kan mana yang harus kamu pilih, kalau ada yang bilang kalau sekolah itu bagus linear pastikan yang ngomong itu pasti seorang dosen karena memang sudah di doktrin sebagai orang yang ilmunya linear. Tapi ingat jika anda ahli di bidang tertentu yakin lah semua kampus akan butuh anda menjadi dosen untuk berbagi ilmu, jadi jangan sia-siakan waktu dan sumberdaya yang terbatas. Kombinasikan sebaik mungkin jurusan yang anda butuhkan dan jangan lupa perluas jaringan.