Profesi Keuangan

Akuntan Publik : Bukan Profesi Seumur Hidup

Akuntan Publik : Bukan Profesi Seumur Hidup

Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) mengungkapkan Indonesia kekurangan jumlah akuntan publik dan masih membutuhkan profesi tersebut dalam jumlah besar, sebagai antisipasi bertumbuhnya sektor bisnis. Ketua Umum Tarkosunaryo menyebutkan jumlah perusahaan Indonesia berdasarkan data wajib pajak badan yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tercatat sebanyak 700 ribu perusahaan. Dari jumlah itu, hanya 30 ribu perusahaan yang menggunakan eksternal audit.  Angka itu jauh lebih rendah dari kondisi di Thailand yang memiliki 680.000 perusahaan, dengan 62 ribu perusahaan yang menggunakan akuntan publik. "Kita hanya punya CPA (Certified Public Accountant) hanya 4.000 orang, bandingkan dengan negara tetangga Thailand yang PDB (produk domestik bruto) separuh dari Indonesia memiliki CPA 12 ribu orang," kata Tarko seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/1/2019).


Pada data Tahun 2015 Dapat dilihat dari tabel dibawah di Indonesia sangat minim akuntan public yang berusia 59 tahun yaitu 32% dan kemudian akuntan public berusia 40-49tahun yaitu 29% dan disusuk akuntan public berusia 50-59 tahun sebesar 26%, dan untuk akuntan public usia 30-39 tahun hanya 12%.

Kalau ditarik ketahun ini tentu makin tua semakin banyak. PBB menglasifikasi umur muda (young) sampai batas 60 tahun, usia pertengahan pada usia 61 s/d 79, dan klasifikasi berumur lanjut sejak 80 tahun, sebaiknya digunakan untuk pertimbangan izin praktik AP dan KAP perseorangan di NKRI, agar masyarakat jangan terlayani profesional uzur dan berbahaya sosial menurut Dr Jan Hoesada Pada tulisan beliau pada 10 Agustus 2018. 

Kita masih melihat kenyataan banyak AP Usia Lanjut yang seharunya sudah pensiun, ini jika AP tunggal bisa sangat beresiko terhadap pekerjaan karena usia membuat dayat teliti seseorang akan menurun, sehingga pekerjaan lebih banyak di putuskan oleh bawahan yang bukan AP. Kita perlu menilik Profesi lain misalnya ada pembatasan usia praktek, jika PNS sesuai bidang Rata-rata pensiun permanen pada umur 60 tahun.

Pensiun Notaris

Kita harus bisa melihat Profesi lain seperti Notaris, Meski tidak termasuk golongan pegawai pemerintah, Notaris tetap mempunyai batasan usia pensiun yakni 67 tahun. Kejelasan usia pensiun notaris itu semakin diperkuat MK lewat penolakan Uji Materiil Pasal 8 ayat (1) huruf b ayat (2) UU 30/2004 tentang jabatan Notaris. Pasal itu sendiri mengatur soal batasan pensiun bagi notaris pada usia 65 tahun dan dapat diperpanjang selama 2 tahun.

Pensiun Guru dan Dosen

Berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen ditegaskan bahwa batas usia pensiun guru adalah 60 tahun. Sehubungan dengan hal tersebut maka batas usia pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 1979 adalah 56 tahun. Sedangkan untuk PNS yang diangkat dalam jabatan fungsional guru pengaturannya didasarkan pada UU guru dan dosen, yakni 60 tahun.

Kita berharap Regulator seperti PPPK yang memberikan izin AP untuk mengkaji dan menerbitakan PMK terkait batas usia pensiun Akutan berpraktek dan Akuntan Publik.