Profesi Keuangan

Sertifikasi Profesi Yang Potensial Bagi Karir Lulusan Akuntansi Indonesia

Sertifikasi Profesi Yang Potensial Bagi Karir Lulusan Akuntansi Indonesia

Ada beberapa profesi yang dapat di geluti oleh lulusan akuntansi dengan cara mengambil sertifikasi profesionalnya. Berikut ini saya seleksi beberapa profesi potensial dari berbagai sertifikasi yang ada.


1. Charter Accountant (CA)

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah menetapkan sebutan Chartered Accountant Indonesia (CA) sebagai kualifikasi akuntan profesional sesuai panduan standar internasional.

Penetapan sebutan CA dilaksanakan dalam rangka melaksanakan tujuan pendirian pendidikan akuntan; dan mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.

Kualifikasi ini juga ditetapkan untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada profesi akuntan; memberikan perlindungan terhadap pengguna jasa akuntan, serta mempersiapkan akuntan Indonesia menghadapi tantangan profesi dalam perekonomian global.

Pasal 16 PMK 25/PMK.01/2014 antara lain menyebutkan PPL. PPL dapat ditempuh melalui PPL yang diselenggarakanoleh IAI, PPAJP dan/atau pihak lain yang diakui oleh IAI dan/atau PPAJP.

Akuntan wajib mengikuti PPL paling sedikit berjumlah 30 (tiga puluh) Satuan Kredit PPL (SKP) setiap tahun.Sebagai anggota International Federation of Accountant (IFAC) IAI mewajibkan 120 SKP bagi setiap Akuntan selama 3 (tiga) tahun.

Investasi Terkait

  1. Biaya Ujian sertifikasi Minim Rp 7.500.000 dengan catatan jika sekali ujian lulus semua.
  2. Iyuran Anggota Utama Per tahun  Rp 300.000
  3. Kewajiban PPL 30 SKP Pertahun setara Rp 6.000.000

Informasi Lengkap Bisa kunjungi : http://iaiglobal.or.id/v03/CA/home

 

2. Certified Public Accountant (CPA)

Certified Public Accountant of Indonesia, disingkat CPA of Indonesia atau CPA, merupakan sebutan (designation) sertifikasi tertinggi profesi akuntan publik di Indonesia. Sertifikasi CPA of Indonesia merupakan sertifikasi berbasis kompetensi individu; dengan demikian basis penyelenggaraan sertifikasi adalah, dan akan selalu, berbasis pada kompetensi yang dibutuhkan individu untuk berpraktek, atau menginginkan keahlian yang dibutuhkan untuk berprofesi, sebagai akuntan publik.

Kompetensi mencakup pengetahuan teoritis bidang yang diperlukan untuk berpraktek sebagai akuntan publik; termasuk berbagai ilmu akuntansi, auditing, pengendalian internal, sistim informasi, perpajakan, ekonomi makro dan mikro, manajemen keuangan dan hukum bisnis secara umum, yang memungkinkan mereka melakukan akumulasi dan evaluasi informasi dalam menjalankan profesi sebagai akuntan publik; standar profesi, etika profesi, serta keahlian dan pengalaman dalam mempraktikan pengetahuan bidang yang diperlukan.

Sertifikasi akuntan publik diselenggarakan sesuai dengan payung hukum undang-undang nomor 5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik dan peraturan pelaksanaan melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 443/KMK.01/2011 tentang penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik, sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 5 tahun 2011, serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008. 

Sertifikasi akuntan publik merupakan salah satu persyaratan yang diperlukan untuk penerbitan ijin praktek individu oleh Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Investasi Sertifikasi

  1. Ujian sertifikasi min Rp 9.900.000
  2. Iyuran Anggota Tahunan Rp 300.000
  3. Kewajiban SKP Pertahun 40SKP setara dengan Rp 8.000.000

Informasi Lengkap Bisa Kunjungi : https://iapi.or.id/Iapi/certifications/certification_info

 

3. Certified Management Accountant (CMA)

Ujian Certified Professional Management Accountant (Ujian CPMA) merupakan salah satu praktik Internasional terbaik untuk mengukur kompetensi dalam bidang akuntansi manajemen dan bidang-bidang lain yang terkait.

Profesi akuntan manajemen sebagai salah satu profesi penting yang menunjang proses menghasilkan nilai tambah dalam aktivitas bisnis dituntut memiliki kompetensi yang tinggi sehingga mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam lingkungan kerja nyata (real working environment). Untuk itu seorang akuntan manajemen dituntut memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude) profesionalisme yang tinggi dalam bidang terkait seperti bidang akuntansi manajemen, manajemen keuangan, bisnis dan manajemen informasi.

Investasi Sertifikasi

  1. Biaya ujian min Rp 4.000.000
  2. Iyuran Anggota Tahunan Rp 300.000

Informasi lebih lanjut : http://www.iamiglobal.or.id/page/sertifikasi-cpma.html

 

4. Sertifikasi Aktuaris

Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis khususnya yang berhubungan dengan risiko. Masalah bisnis tersebut dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi di masa depan, kemungkinan peristiwa tersebut terjadi, kapan peristiwa tersebut akan terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa tersebut terjadi.
  
Seorang Aktuaris umumnya bekerja di industri keuangan, seperti perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi kesehatan, dana pensiun, konsultan aktuaria dan investasi. Banyak pula Aktuaris yang telah merambah di bidang-bidang lain yang terkait dengan pengelolaan resiko yang memerlukan kemampuan analisa dan logika yang kuat.

Info lebih lengkap di : https://www.aktuaris.or.id/page/content/16/jadwal-tempat-dan-biaya-ujian

 

5. Certified Intern Auditor (CIA)

Penunjukan CIA adalah satu-satunya sertifikasi yang diterima secara global untuk auditor internal dan tetap menjadi standar di mana individu menunjukkan kompetensi dan profesionalisme mereka di bidang audit internal. Selain itu, mendapatkan penunjukan CIA lebih dari sekedar bukti dari apa yang Anda ketahui dan apa yang telah Anda capai - itu adalah cara terbaik untuk mengaudit profesional untuk berkomunikasi dengan dunia bahwa mereka siap untuk menghadapi tantangan hari ini. Calon meninggalkan program diperkaya dengan pengalaman pendidikan, informasi, dan alat bisnis yang dapat diterapkan segera di organisasi atau lingkungan bisnis apa pun.

Ujian CIA ditawarkan dalam bahasa berikut: Arab, Bulgaria, Cina (tidak disederhanakan), Ceko, Inggris, Prancis, Jerman, Ibrani, Hongaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol, Turki, dan Thailand (hanya tersedia di Thailand).

Info Lengkap : https://iia-indonesia.org/certified-internal-auditor-cia/

 

6. Sertifikat Konsultan Pajak (BKP)

Sertifikasi Konsultan Pajak (SKP) adalah ujian sertifikasi untuk jenjang profesi konsultan pajak. Sertifikat SKP menjadi prasyarat untuk mendapat ijin praktek sebagai konsultan pajak.

Info Lengkapnya : https://kp3skp.or.id/