Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Excel Wajib Dalam Pengajaran Akuntansi

Excel Wajib Dalam Pengajaran Akuntansi

Microsoft saat ini tercatat memiliki lebih dari 31 juta pelanggan Office 365 dan perubahan kebijakan ini kemungkinan besar akan mendorong angka pelanggan lebih jauh lagi. Pasalnya Microsoft memang tengah gencar menjual layanan Office 365 pada konsumen dan bisnis ketimbang layanan lain. WinPoin mengadakan polling untuk mengetahui Microsoft Office versi berapa yang paling banyak digunakan oleh pengguna Windows saat ini. 

Berikut ini adalah daftar urutan versi Microsoft Office paling populer di Indonesia, dari yang paling banyak digunakan hingga yang paling sedikit digunakan: 

  1. Office 2016 (33.64%)
  2. Office 2013 (32.64%)
  3. Office 2007 (14.71%)
  4. Office 2010 (11.57%)
  5. Office 365 (2.76%)

Tidak bisa kita pungkiri bahwa manusia profesional sudah sangat tergantung dengan Ms. Office dan para akutan sangat bergantung dengan Ms. Excel salah satu fitur Ms. Office, dalam mengerjakan laporan keuangan data pendukung lebih banyak di olah melalui Excel, jika melakukan audit kertas kerja juga menggunakan excel. Akuntansi adalah ilmu mengelola angka-angka jika mahasiswa tidak diwajibkan menggunakan tools ini dalam proses belajarnya maka kita akan mendapati lulusan yang memiliki kemampuan menggunakan alat pengolahan angka ini dengan buruk.

Jika sejak semester satu semua mata kuliah yang mengolah angka yang menggunakan perumusan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian harus diselesaikan dalam Ms.Excel atau Spreed Sheet , tools ini wajib di gunakan, ini juga di ikuti dosen dalam mengajar menggunakan simulasi ini, jadi tidak menggunakan white bord lagi. 

Penyampain teori sudah menggunakan Power Point maka disaat perhitungan seharusnya para dosen menggunakan Ms.Excel sehingga mahasiswa mudah memahaminya, setelah proses kuliah semua simulasi tersebut di diberikan kepada mahasiswa lengkap dengan rumusnya.

Jika pola ini sepakat dilakukan secara serentak oleh Jurusan Akuntansi Seindonesia tentulah kita akan memiliki SDM yang mahir dalam menyelesaikan solusi Akuntansi dengan Tools yang paling mudah ditemukan. Berdasrakan Pengalaman saya mengajar Pratikum Audit dengan menggunakan Ms excel, kenyataannya hampir semua mahasiswa tersebut tidak memahami fungsi dasar dari menu-menu excel. Ini merupakan PR kita, bahwa mereka belum siap untuk bekerja dimasa depan dengan tools tersebut dan kita sebagai dosen sudah saatnya membiasakan diri dan mahasiswa untuk menggunkan tools ini.

Kita tidak usah dulu bermimpi dengan kemampuan mahasiswa bisa menggunkan Vb.Excel atau Excel Macro dengan perancangan code script.  Mahir dalam penggunaan fungsi dasar-dasar excel saja sudah sangat bagus dan terpakai di dunia kerja. Untuk itu Dosen sendiri juga tidak boleh gagap dalam menggunakan tools ini.  Sebenarnya Excel sudah menyediakan 

Tutorial dengan sangat lengkap dengan conto simulasi rumus seperti dibawah ini.

Tapi entah berapa banyak yang tau ini benar ada, atau malah belum pernah buka sama sekali apalagi serius mempelajarinya. Isinya dapat dilihat seperti pada salah satu file tersebut, setiap sheetnya memiliki kandungan tutorial cara menggunakan rumusan finance yang ada.

Tutorial Pivote Table Mulai dari yang basic hingga yang advance seperti dibawah ini.



Semoga kita sebagai pengajar akuntasi sudah seharusnya berubah dan menyiakan diri mahir terlebih dahulu sehingga dapat mengajak mahasiswa menggunakan tools ini dalam proses belajar mengajar di kelas.