Lainnya

Oleh-Oleh Khas Dieng Yang Harus Kamu Coba Untuk Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Dieng Yang Harus Kamu Coba Untuk Dibawa Pulang

Kawasan wisata Dieng memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Tidak hanya udara dingin yang menyegarkan dan wisata alam yang lezat, kuliner juga menjadi prioritas utama di sini.

Nah, apa saja oleh-oleh khas Dieng yang bisa dibawa pulang? Yuk, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini!

Carica Dieng

Oleh-oleh khas Dieng yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah carica yang bentuknya mirip pepaya gunung. Bukan dalam bentuk biji-bijian, tetapi buah-buahan dengan kandungan vitamin tinggi tersedia dalam bentuk kemasan minuman.

Nah bagi anda yang ingin membeli olahan carica seperti manisan carica dan lainnya ini cukup mudah. Ada banyak pusat oleh-oleh di sepanjang jalan di Wonosobo seperti produsen Sumbing Segar yang menjadikan carica sebagai salah satu produk unggulannya.

Mie ogklok instan

Mie Ongklok tidak hanya bisa langsung disantap di warung di Wonosobo, tapi juga dijual dalam kemasan. Tidak perlu dibungkus, Anda bisa membeli pasta mentah yang dibungkus dengan hati-hati.

Berbagai merek mie ini biasa dijual di pusat oleh-oleh makanan. Sebagian besar beratnya sekitar 80 gram, yang cukup ringan untuk dibawa pulang.

Kopi dan susu purwaceng

Dieng tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya. Namun, banyak tanaman dengan nilai gizi tinggi yang dijadikan oleh-oleh oleh warga sekitar.

Salah satunya Purwaceng, obat herbal yang menghangatkan tubuh, syaraf dan otot, meredakan masuk angin dan nyeri, melancarkan buang air kecil dan masih banyak lagi.

Selain obat-obatan, ada juga teh Purwaceng, kopi dan rempah-rempah yang juga dijual dalam bentuk kemasan.

Keripik tempe kemul

Dieng terkenal dengan keripik jamurnya. Namun ada satu lagi oleh-oleh khas Dieng yang harus dibeli saat mengunjungi tempat wisata di Wonosobo ini.

Keripik tempe kemul unik karena dilapisi tepung terigu. Kemul artinya selimut dalam bahasa Jawa sehingga bisa dibayangkan kerenyahan adonan tepung yang menutupi tempe.

Keripik ini cocok dengan teh Purwaceng dan dinikmati di sore hari. Seperti yang lain, keripik ini sangat mudah ditemukan. Bahkan banyak merk Tempe Kemul yang dijual di Sentra Souvenir Wonosobo. Nah, pilih yang Anda inginkan.

Teh tambi

Nah, minuman khas Dieng ini bukan cuma Purwaceng. Ada lagi minuman yang menarik untuk dibeli saat berkunjung ke Wonosobo.

Apalagi bukan teh tambi yang dipetik langsung dari perkebunan teh Wonosobo. Sebelum dikemas, bubuk teh berkualitas tinggi ini disiapkan secara higienis sehingga memiliki aroma dan warna yang kuat.

Bingung mencari hadiah yang tepat untuk orang tersayang dan teman dekat? Beli saja teh Tambi.

Wah, liburan di Dieng juga seru kan? Selain banyak wisata alam yang mempesona, oleh-oleh di sini juga beragam mulai dari minuman, makanan hingga barang-barang lucu.