Lainnya

Auding and Assureance I

Auding and Assureance I

Auditing and Assurance I

Overall Audit Plan and Audit Program

DisusunOleh :

KELOMPOK 2

1.Arief Try Hutomo(023001904032)

  1. KlaudiusGodefridusPio(023001914023)
  2. EmiliandaYandriTegu(023001914019)
  3. Indah SafiraUtami(023001701080)
  4. Agustina Sari Pardede(023001904075)
  5. Sega SrengengePutro (023002004008)

 

 

 

UNIVERSITAS TRISAKTI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

JURUSAN AKUNTANSI

JAKARTA

2020

 

 

  1. Audit PLAN (PERENCANAAN PEMERIKSAAN)

Standar pelaksanaan pekerjaan lapangan mengharuskan perencanaan yang sebaik-baiknya dalam setiap penugasan audit. Oleh sebab itu tahap perencanaan audit merupakan tahap yang mau tidak mau harus mendapat perhatian yang serius dari auditor. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri karena pekerjaan apapun tentuakan lebih baik bila terencana Pengertian danTujuan

Audit Plan 

Audit Plan adalah pengembangan strategi menyeluruh pelaksanaan dan lingkup audit yang diharapkan disusun segera setelah MANAGEMENT LETTER (surat perikatan) disetujui klien.Tujuan Audit Plan adalah untuk mencapai keyakinan yang memadai guna mendeteksi salah saji yang diyakini jumlahnya besar, baik secara individual mapun secara keseluruhan, yang secara kuantitatif berdampak material terhadap laporan keuangan. Dalam merencanakan audit Risiko audit dapat dibatasi pada tingkat yang rendah, sesuai dengan pertimbangan professional menetapkan pertimbangan awal mengenai tingkat matealitas untuk audit plan, auditor dapat mempertimbangkan meterialitas sebelum laporan keuangan yang akan diaudit sesuai disusun setelah laporan keuangan yang akan diaudit selesai diaudit, namum perlu dimodifikasi Untuk kedua keadaan tersebut didasarkan atas laporan keuangan intern klien yang disetahunkan atau laporan keuangan tahunan satu / lebih periode sebelumnya, dengan syarat memperhatikan pengaruh perubahan besar dalam perusahaan klien dan perubahan lain yang relevan dalam perekonomian secara keseluruhan. Dalam perencanaan audit, auditor harus mempertimbangkan antara lain, Pahami bisnis dan industri klien Kebijakan dan prosedur akuntansi klien, Metode pengolahan informasi akuntansi yang digunakan klien, termasuk penggunaan organisasi jasa dari luar untuk mengolah informasi akuntansi pokok perusahaan. Penetapan tingkat resiko pengendalian yang direncanakan, Pertimbangan awal tingkat materialitas untuk tujuan audit, Pos laporan keuangan yang memerlukan penyesuaian (adjustment), Kondisi yang mungkin memerlukan perluasan atau pengubahan pengujian audit, seperti risiko kekeliuran dan ketidakberesan yang material atau adanya transaksi antara pihak yang mempunyai hubungan istimewa sifat laporan audit yang diharapkanakan diserahkan kepada pemberi tugas sebagai contoh: laporan audit tentang laporan keuangan konsolidasi, laporan khusus untuk menggambarkan kepatuhan klien terhadap kontrak/perjanjian baik.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam perencanaan audit

Menghimpun pemahaman bisnis klien dan industri klien. Penghimpunan pemahaman bisnis dan industri klien dilakukan dengan tujuan untukmendukung perencanaan audit yang dilakukan  audit. Hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan industri klien yang perlu dipahami auditor adalah jenis bisnis dan produk klien lokasi dan karekteristik operasi klien seperti metode produksi dan pemasaran jenis dan karakteristik industri. Hal ini menentukan sensitivitas bisnis klien terhadap perubahan kondisi ekonomi. Kebijakan dan praktik industri sangat berdampak kepada kelangsungan usaha klien. Eksistensi ada tidaknya pihak terkait yang mempunyai hubungan erat dengan klien misalnya sama-sama anak perusahaan dari suatu holding compani regulasi pemerintah yang mempengaruhi bisnis dan industri klien karekteristik laporan yang harus diberikan kepada badan regulasi.

 

Prosedur yang dipertimbangkan dalam perencanaan dan supervisea

 

a.Arsipkorespondensi, kertaskerja, arsippermanen, laporan keuangan dan laporan audit tahun lalu

  1. Membahas masalah (yang mempunyai dampak audit) dengan staf KAP yang bertanggungjawab atas jasa non audit.
  2. Mengajukan pertanyaan tentang perkembangan bisnis yang berdampak terhadap entitas
  3. Membaca laporan keuangan interim tahun berjalan
  4. Membicarakan tipe, luas dan waktu audit dengan manajemen, dewan komisaris atau komite audit
  5. Mempertimbangkan dampak diterapkannya pernyataan standar akuntansi dan auditing
  6. Mengkoordinasikan bantuan dari pegawai perusahaan klien dalam penyiapan data
  7. Menentukan luasnya keterlibatan, jika ada, konsultan, spesialis dan auditor interni
  8. Membuat jadwal pekerjaan audit (time schedule)
  9. Menentukan dan mengkoordinasikan kebutuhan staf audit
  10. Melaksanakan diskusi dengan pihak pemberi tugas untuk memperoleh tambahan informasi tentang tujuan audit yang akan dilaksanakan sehingga auditor dapat mengantisipasi dan memberikan perhatian terhadap hal yang berkaitan.

 

 

Audit  Program

Merupakan kumpulan prosedur audit (dibuat tertulis) yang rinci dan dijalankan untuk mencapai tujuan audit (akan lebih baik jika audit program dibuat terpisah untuk compliance Test dan Substantive Test)

Tujuan Audit Program

Untuk mengetahui apakah penyajian laporan keuangan oleh manajemen dari sisieksistensi atau keterjadian, kelengkapan, hak dan kewajiban, penilaian atau alokasi serta penyajian dan pengungkapan dapat dipercaya, wajar dan tidak menyesatkan terhadap pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan tersebut

Manfaat Audit Program

- Sebagai petunjuk kerja yang harus dilakukan asisten dan instruksi bagaimana harus menyelesaikan

- Sebagai dasar untuk koordinasi, pengawasan, dan pengendalian pemeriksaan

- Sebagai dasar penilaian kerja yang dilakukan klien

 

Disusun setelah Audit Plan (tetapi sebelum pemeriksaan lapangan dimulai)

- Disusun secara standar disasi untuk semua klien

- Disusun sesuai dengan kondisi dan situasi klien (tailor made)

 

Audit program yang baik mencantumkan :

- Tujuan pemeriksaan (audit objective)

- Prosedur audit yang akan dijalankan

- Kesimpulan pemeriksaan

Prosedur Audit Program :

-Prosedur audit program untuk Compliance Test

-Prosedur audit program untuk Substantive Test

-Prosedur audit program untuk keduanya

User Image

Emilianda yandri Tegu 1 Posts

Emilianda yandri Tegu