Kunci Sukses Tempat Makan

Posted

Bisnis kafe terus bertumbuh setiap tahunnya di kisaran 15-20%. Jumlah ini membuktikan jika pasar industri ini masih cukup besar, sehingga mendorong banyak pelaku usaha untuk terjun ke bidang bisnis yang masuk dalam kategori food and beverage ini. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam bisnis ini adalah keterlibatan owner secara langsung. Supaya kamu berhasil dalam bisnis kafe atau tempat makan kekinian maka kamu harus perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pemilihan Tempat
Tempat, sesuatu yang penting diperhatikan di awal buat bisnis tempat makan. Secara umum orang sudah tau kalau berada di jalan yang ramai merupakan posisi yang bagus buat tempat makan. Tapi harus diperhatikan berada di jalan macet justru meskipun ramai kurang menguntungkan bagi sebuah tempat makan. Tempat yang berada di gang yang hanya dilalui satu mobil saja ini juga bisa membuat orang malas untuk datang meskipun tempatnya bagus karena semakin terkenal akan banyak isu lingkungan dimasa depan.

2. Lahan Parkir
Kalian pernah kan tidak jadi makan karena melihat susahnya parkir. Lahan parkir merupakan hal penting bagi sebuah tempat makan, paling tidak lahan parkir minimal 1/3 dari luas tempat makannya. Jika lahan parkir anda hanya cukup buat motor maka yang akan datang konsumen yang naik motor , yang naik mobil akan enggan datang paling mereka akan pesan saja melalui aplikasi online maka kesempatan anda mendapatkan order lebih besar akan hilang karena di saat orang masuk aplikasi order makanan maka dia akan melihat banyak tawaran dari tempat lain.

3. Menu
Menu ini sesuatu yang akan di lihat orang waktu datang kesebuah tempat makan, akan tetapi pas di pesan banyak yang tidak tersedia. Menu merupakan list tawaran yang harus anda sediakan, lebih baik anda memiliki menu unggulan beberapa saja akan tetapi fokus sisanya buatlah menu pendukung saja dimana bahannya mudah di dapatkan. Buat satu dua menu unggulan dan pertahankan cita rasa yang mejadi ciri khas yang diingat bagi pengunjung. Selain menu makanan menu minuman juga hal yang sama pastikan yang di tulis selalu bahan yang mudah di dapat sehingga selalu tersedia.

4. Dapur
Dapur ini jarang diperhatikan banyak orang, banyak tempat makan, kita lama menunggu penyajiannya karena manajemen dapurnya yang kurang bagus, jumlah kompor yang terbatas serta space yang begitu kecil sehingga membuat proses memasak tidak cepat atau jumlah tukang masak kurang memadai dari jumlah serta pengalaman. Membuat dapaur harus memperhatikan jumlah menja yang akan anda layani kemudian perhitungkan jika ramai berapa cepat anda bisa memproduksi sehingga konsumen tidak lama menunggu. Tidak semua masakan yang disajikan bisa dimasak terlebih dahulu sebagain besar resto itu makanan yang disajikan dalam kedaan baru dimasak. Sebagaian besar konsumen tidak ingin menunggu lama menunggu pesanannya.

5. Kenyamanan
Kenyaman ini kalimat mudah di ucapkan akan tetapi harus berusaha di wujudkan. Tempat makan yang ada buat jenisnya sangat menentukan kenyaman, kafe tempat orang berlama-lama ini tantangan mewujudkan kenyaman sangat tinggi. Kalian harus memikirkan semua faktor kebersihan, kursi bahkan suara dan musik yang akan diputar. Tempat yang terlalu bersisik disekitar tempat makan anda sehingga membuat orang susah ngobrol merupakan tempat yang kurang nyaman bagi konsumen.

6. Warna
Banyak anda perhatikan mengapa Fast Food berwarna begitu mencolok seperti merah, kuning, orange dan hitam. Ini bukan tanpa alasan pemilihan warna mencolok selian mudah di lihat ini juga warna stress dimana orang disana dituntut cepat berputar jika memungkinkan makananya di bawa pulang, maka coba anda lihat meja yang di buat kadang kecil dan jauh dari kata nyaman.

Ini beberapa poin selain banyak poin lagi yang harus diperhatikan. Paling tidak beberapa poin ini harus diperhatikan supaya bisa meminimalisir kerugian dan ke gagalan.

Author